Program Hellow World Android

Posted on Updated on

Dalam membuat sebuah aplikasi android memang susah-susah gampang. Diperlukan kemauan dan ketelatenan untuk belajar dalam membangun sebuah aplikasi. Untuk langkah pertama dalam membuat aplikasi tersebut kita harus mempersiapkan perangkat laptop atau PC kita dengan melakukan instalasi kebutuhan-kebutuhan yang akan digunakan dalam memprogram aplikasi. Kebutuhan utama yang harus dipersiapkan adalah IDE sebagai tools untuk melakukan pemrograman android. Dalam pemrograman android ada beberapa IDE yang bisa digunakan antara lain:

  1. Eclipse, IDE
  2. Android Studio

Berikut bahan-bahan yang dapat diunduh:

  1. Android ADT,
  2. Android SDK Android Studio
  3. JDK versi terbaru

 

Oke, kita lanjut belajar Android Studio nya yuk setelah kemarin temen-temen belajar cara instal Aplikasi Android nya, dan pengenalan sederhana Android Studio. Kalau temen-temen belom nonton cek dulu dimari Tutorial Android Studio 1 – Instalasi Android Studio. Di video tersebut juga sudah saya contohkan, pembuatan project Hello World, tapi saya akan ulangi tutorialnya dari awal.

  1. Buka aplikasi Android Studio.
  2. Buat Project baru dengan Android studio
  3. Kemudian setting project , masukan nama project dengan “HelloWolrd”, sedangkan company domain dengan identitas yang akan men- generate  package dari aplikasi yang kita buat, saya menggunakan domain gookki.com sehingga package name untuk project saya secara default menjadi com.gookkis.helloworld. Kita juga dapat mengubah nama package tersebut sesuai dengan nama yang kita inginkan dengan mengklik Edit di sebelah kanan package name kita. Kemudian setting project location pada folder yang kita inginkan (Tidak boleh ada spasi dalam nama folder).
  4. Klik Next, kemudian pilih target android devices dengan Android SDK tertinggi yang terinstal di android studio anda. Saya memilih dengan API 21: Android 5.0 (Lolipop)
  5. Kemudian klik Next, setelah itu pilih Blank Activity untuk activity template nya
  6. Kemudian klik Next, pada pilihan customize activity biarkan setting dan kemudian klik finish.
  7. Tunggu proses generate sampai selesai.

Kita telah selesai membuat project hello world, pada tutor berikutnya kita akan bahas cara install emulator genymotion yang dapat berjalan lebih cepat daripada emulator bawaan kemudian kita akan mendebug / mencoba aplikasi kita pada emulator tersebut.

ANALISA :

ANDROID STUDIO merupakan tools baru yang yang disediakan untuk memudahkan para pengembang aplikasi android dalam bekerja. Android studio memiliki beberapa kemudahan, antara lain pengguna tinggal mengunduh dan menginstall hasil unduhan tersebut dan langsung menggunakannya tanpa harus melakukan pengaturan terlebih dahulu. Berikut tampilan dari android studio:

DAFTAR PUSTAKA :

http://www.gookkis.com/tutorial-android-2-hello-world-dengan-android-studio/

http://www.tutorialspoint.com/android/android_hello_world_example.htm

http://www.codeproject.com/Articles/803646/Creating-a-Simple-Hello-World-Android-Project

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s